Ads 468x60px

22 Juli 2013

Tutorial: Water Nail Polish for Beginner

Nail polish atau biasa kita sebut kutek mulai ada sejak ribuan tahun lalu loh. Orang-orang Cina yang awalnya mengoleskan enamel ada kuku. Enamel ini adalah lapisan keras dan tinggi kandungan mineralnya. Ketika enamel didiamkan berjam-jam di atas kukus, enamel kemudian berubah jadi warna pink. Itulah nail art pertama yang tercatat dalam sejarah.

Etapi sekarang kita ngga ngomongin sejarah panjang lebar juga :P
Sejalan dengan perkembangan zaman, nail polish sudah hadir dengan berbagai warna. Dan tidak hanya itu, sekarang banyak banget bertebaran nail art dengan berbagai variasi bentuk.

Belakangan aku suka bermain dengan nail polish. Bosen dengan gaya poles-poles satu warna kayak di gambar ini, akhirnya aku belajar teknik water nail polish :)

Yang dibutuhkan:

1. nail polish tentunya :P
untuk dasar, aku pake Oriflame Pure Colour Nail Polish warna Light Silver (kode: 24105)
untuk percampuran warna, aku pake:
- Veryme Nail Graffiti Base Coat warna silver (kode: 24601)
- Veryme  Vynil Nail Polish warna Red (kode: 24967)
- Veryme Nail Graffiti Base Coat warna Gold (kode 24603)

2. Gelas dan air
3. Nail remover
4. Cotton bud
5. Selotip
6. Jarum atau pensil yang ujungnya runcing juga bisa

Mari kita mulai...

Pertama, oleskan warna dasar. Tunggu kering. Lalu sembari nunggu kering, selotip bagian luar kuku supaya tidak kotor ketika jari dimasukkan dalam air. Selotip mengelilingi daerah luar kuku ya.




Kedua, siapkan gelas dan nail polish warna kesukaanmu. Aku mulai dengan meneteskan warna silver. Lalu diikuti warna gold, lanjut dengan merah. Begitu seterusnya secara bergantian teteskan di satu titik. 



Setelah dirasa sudah banyak tumpukkan warna, dilanjutkan dengan menghias bentuk. Tarik garis mulai dari tengah ke arah luar. Buat empat sisi. Lalu di tengah-tengah sisi antara ujung satu dengan ujung lain, tarik garis dari arah luar ke arah dalam hingga terbentuklah bunga cantik :D


Terakhir, pilih posisi desain terbaik untuk tempat mencetak. Dengan gerakan lumayan cepat celupkan jari pada desain yang diinginkan, lalu tenggelamkan kuku perlahan. Tiup-tiup desai nail polish yang masih terlihat di permukaan biar cepat kering dan tidak mengontaminasi warna nail polish yang sudah tercetak di kuku. Angkat sisa nail polish dengan bantuan cutton bud. Jika sudah, angkat jari. Buka selotip yang mengelilingi kuku dan bersihkan kulit yang terkena nail polish dengan cotton bud yang sudah dicelupkan nail remover.



Ini desainku yang lain dalam bentuk video. Mungkin baca ngga cukup yaa, butuh tutorial langsung hehe...



Dan, ini hasilnya...






Semoga berguna bagi kamu yang mau mencoba bermain-main dengan nail art.

xoxo,
lithana

23 komentar:

  1. wahh.... aku coba teknik ini berkali" ga berhasil loh T__T
    hebat :)

    Love, Leonita
    blackblueblizzard.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Tengkyu dear, ini juga hasilnya masih belepotan di sana-sini >.<

    BalasHapus
  3. Wahhhhhhh kerennnn pengen nyobaaaa ahhh thx ya tutorialnya menarikkkk sekaliuu

    BalasHapus
  4. Hi Lia,,
    super kewl ini water marbeling. Aku berkali pernah coba failed mulu pake revlon. Ada yg saran pake OPI maak!1 tapi kan sayang kalo pake OPI. oalah ternyata bisa pake oriflame, lebih affordable. MUST TRY!! yg meraaah lucuuu.. btw ini pake air dingin ya? teksture kutek yg dipake water marbel harus aga kentel, sedangkan revlon aga encer makanya failed mulu... XD Nice sharing. Thx You.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyu Alvianti :D Iyaa aku sebelumnya pernah nyoba pake Revlon gagal jugak :P Hooh pake Oriflame soalnya lumayan kentel cairannya. kebetulan kan bulan ini lagi pada disc tuh kuteks, langsung deh diboronggg :P Aku pake air biasa aja, ngga air dingin. Selamat mencoba yaak. Ntar kalo udah jadi, sharing2 yaaa >.<

      Hapus
  5. Aaaaaaa, hasilnya kece, mbak. aku ga kepikir untuk ngelindungin kuku make selotip, awawaww. biasanya aku langsung main celup aja dan alhasil tangan udah kayak abis ngecat dinding kamar aja (eh ga gitu juga). aku sering nyoba teknik kayak gini, tapi seringnya ga berhasil, biasanya gagal dibagian pas ngebuat bentuk-bentuknya gitu (.___.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk... aku juga walopun udah pake selotip tetep aja suka masih belepotan kemana2 :P Iyaa suka agak ribet untuk ngedesain bentuk, ga bakat melukis dalam air :D

      Hapus
  6. Aku nggak pernah berhasssssil >.<
    pasti kurang kering, jadi pas ditempelin di kuku, warnanya nyampur lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqiqiqi... saranku coba pas ditempelin di kuku, rendam agak ke bawah jarinya trus yg agak lama gitu sambil tiup-tiup cetakan kutek yg ada di air. Biasanya bisa ngefek bikin kutek cepet kering. Trus kalo warna di kukunya nyampur lagi itu biasanya kalo cairannya terlalu kental di satu titik, jadi ga menyebar gitu. Cmiiw >.<
      Eniwei kamu nyobain pake kutek yg merk apa? soalnya pasti tiap merek beda kekentalannya :D

      Hapus
  7. woaaah, keren >W<
    kalo pake kuteknya face shop bisa ngga ya? aku cuma punya itu, tp punya face shop rada encer gt :(


    thegirldays.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aku ga pernah pake kutek face shop. Dicoba aja dulu bikinnya. Biasanya kalo keenceran pas ditetesin dia cepet kering di air :D

      Hapus
  8. Ngag pernah berhasil mpe sekarang :|

    BalasHapus
  9. dulu aku jg pernah coba brkali2 tp kuteksnya sealu pecah2 gitu knp yaa?? ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarah biasa pake kutek apa? Soalnya setauku kalo cairan kuteknya keenceran akan susah dibentuk plus cepet kering di air :D Trus pas netesin cairang kuteknya ke air antara sau kutek dan yg lainnya ga boleh lama gitu jaraknya biar ga keburu kering. Aku juga ngalamin trial-eror muluuu :DD

      Hapus
  10. heii, ak jg dl cobain water marbling. emang susah cri yg pas >.<
    check my post yaa http://occasionallyimpulsive.blogspot.com/2012/05/i-found-it.html

    BalasHapus
  11. Klo pake OPI langsung jadi gk pake gagal :)
    Pake china glaze atopun zoya dan essie pun pasti sukses. Aq prnh gagal buat kayak gini gegara pake kutek etude faceshop dan kutek murah yg ada ditoko aksesoris d mall :(
    Etude itu trll kental jd g bs dibuat marble. Tp aq prnh sukses 2x pake kutek yg bli di toko aksesoris cwe yg ada di mall2 itu. Bener,klo kutek blm pas keringnya pada saat dipermukaan air bisa jadi pas nempel dikuku jd bleber. Stik utk membentuk marble jg berpengaruh. Baiknya pake tusuk gigi aja. Aq lbh suka pake kutek yg vivid utk marble drpd kutek shimmer cz bysanya kutek shimmer suka pecah klo dibuat marble. Tp suka2 ya kalo itu. Kutek merk peripera jg bysa tp jadinya trll tebal,lm kering&nggak bs sukses hny dlm sekali coba. Mgkn klo merasa hopeless nggak bs watermarble coba teknik newspaper print aja. Jauh lebih mudah&semua merk kutek bs.

    BalasHapus
  12. sebenernya lebih bagus pake kutek yang merek apa ya? Aku nyoba mk kutek beli di tmpt accsoris ko pas ditetesin gabisa nyebar, malah menggumpal -_-

    BalasHapus
  13. aku mau nanya merek dari kuteknya itu apa.an ya?
    biar bisa berhasil
    aku coba" tapi gagal" teruss,,
    kutek g mw nyebar pas ditarik sama tusuk gigi malah kyak ada plastiknya trus nempel semua ke tusuk gigi :(
    please balas ya :)

    BalasHapus
  14. mm..gitu yh..aku mw nyoba thx tuh tipsnya :-)

    BalasHapus
  15. P2P2 | used ford edge titanium - TheTitaniumArts
    The P2P2 is a unique piece of hardware made for the Sega Genesis, silicone dab rig with titanium nail making titanium tools it a unique piece best titanium flat iron of hardware titanium flat irons made titanium fitness for Sega Genesis and Sega Megadrive.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

DISCLAIMER

DISCLAIMER
Perlu diketahui bahwa saya bukan seorang penata rias, cheff, atau ahli dalam bidang apapun yang berkaitan dengan hal-hal yang saya review. Harap tidak menganggap pendapat saya untuk menjadi bagian saran seorang yang profesional :)

BUTUH INI?

BUTUH INI?

DAPATKAN INFORMASI DI SINI

Setelah mengisi form di bawah ini, Anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame
bersama d'BC Network

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda